Legalitas Usaha Koperasi

IMG-20150423-WA0001

Pertumbuhan jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi dewasa ini semakin meningkat, kebutuhan akan aspek legalitas usaha menjadi prioritas. Dengan memiliki legalitas usaha, maka kegiatan operasional usaha UMKMK dapat berjalan sesuai dengan hukum yang berlaku. Semisal, terpenuhinya aspek legalitas usaha koperasi mampu meningkatkan daya tawar koperasi tersebut sehingga mampu mendapatkan pengakuan dari stakeholders dan pada gilirannya akan lebih mudah dalam pengorganisasian dan pengembangan usaha koperasi . Selain itu dengan legalitas usaha koperasi maka mampu menjalin hubungan kerjasama dengan instansi pemerintah/swasta/BUMN/BUMD dalam rangka menjalankan dan mengembangkan usahanya.

Dalam usaha untuk mendapatkan legalitas usaha koperasi, maka SME’s Indonesia Consulting telah dipercaya untuk membantu pengurusan legalitas usaha koperasi karyawan yang berdomisili di kemayoran, Jakarta Pusat. Tahapan yang perlu ditempuh meliputi hal-hal sebagai berikut :

1. Pemilihan notaris untuk pembuatan akte pendirian usaha koperasi.
Notaris memegang peranan penting dalam pengurusan akte pendirian koperasi, sehingga diperlukan notaris yang berpengalaman, berkompeten dan berlokasi disekitar koperasi yang akan didirikan.

2. Penyusunan Anggaran Dasar (AD) /Anggaran Rumah Tangga (ART) sebagai syarat kelengkapan dokumen untuk pendirian koperasi.
Dalam melakukan penyusunan Anggaran Dasar (AD) diperlukan kajian secara mendalam dengan menggunakan referensi yang cukup sesuai dengan bidang usaha yang akan dijalankan koperasi. Penjabaran Anggaran Dasar (AD) meliputi hal-hal tentang tata laksana organisasi usaha koperasi, dan dijelaskan secara terperinci di dalam Anggaran Rumah Tangga (ART). Kedua ketentuan tersebut saling melengkapi dan menjadi landasan pengorganisasian Koperasi.

3. Pengurusan izin usaha koperasi di Kementerian Koperasi dan UKM
Tahapan berikutnya setelah Koperasi memiliki Akte pendirian dan AD/ART adalah pengurusan izin usaha koperasi di Kementerian Koperasi dan UKM. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku pengurusan perizinan tersebut berjalan kurang lebih 3 bulan.

Tahapan kegiatan yang dilaksanakan oleh SME’s Indonesia Consulting tersebut dapat terlaksana berkat kerjasama dengan notaris terpercaya yang menjadi mitra kerja SME’s Indonesia Consulting. Alhamdulillah, berkat usaha dan doa dari tim SME’s Indonesia Consulting maka proyek pengurusan legalitas usaha koperasi di Kemayoran, Jakarta Pusat dapat berjalan lancar dan sesuai rencana.