Business Plan Usaha Jasa Konsultan Arsitektur

IMG_20150704_120256SMEs Indonesia Consulting sebagai konsultan jasa pengembangan UMKM sangat intens untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi client. SMEs Indonesia Consulting telah menyelesaikan proyek penyusunan Business Plan, Riset Pasar, dan Pembuatan Website untuk Konsultan Jasa Arsitektur milik Bapak Sapto Nugroho. Berikut sekilas proyek pengembangan yang telah dilakukan oleh SMEs Indonesia Consulting :

1. Business Plan
Perencanaan bisnis yang matang dengan data-data primer maupun sekunder yang akurat dan terpercaya. Data primer diperoleh melalui referensi-referensi tertulis sedangkan data sekunder diperoleh melalui wawancara dengan pelaku usaha yang telah berpengalaman di bidangnya. Dalam Business Plan yang kami susun lebih menekankan akan strategi bisnis dengan fokus pada analisa keuangan.

2. Riset Pasar
Dalam rangka mengetahui peta pasar industri konsultan jasa arsitektur maka perlu dilakukan riset pasar yang kami lakukan di wilayah sekitar lokasi usaha. Adapun responden yang kami wawancarai untuk uji pasar adalah menggunakan purposive sampling, dimana responden yang dituju adalah pihak – pihak yang memiliki minat dan pengetahuan yang baik. Hasil dari riset pasar tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif, efisien, dan tepat sasaran.

3. Pembuatan Website
Sebagai langkah konkret untuk pemasaran perusahaan yang akan dibentuk, maka dibutuhkan website untuk mengumpulkan informasi yang cukup dan memadai perihal perusahaan tersebut. Sehingga calon client cukup menulis alamat website perusahaan dimaksud untuk mendapatkan informasi yang dicari. Adapun informasi yang tercantum dalam website adalah informasi menyeluruh perihal produk jasa yang ditawarkan, alamat, kontak person, serta fasilitas lain yang mendukung pemasaran dan transaksi secara online.

Alhamdulillah, berkat semangat tinggi dan kerja keras dari tim konsultan SMEs Indonesia Consulting dapat menyelesaikan proyek ini dalam jangka waktu 6 bulan. Pada dasarnya dari tim konsultan SMEs Indonesia Consulting mematok target waktu penyelesaian minimal 1 s.d 6 bulan mengingat tingkat kesulitan, keakuratan data, serta penyampaian informasi yang akurat terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan haruslah menjadi prioritas kerja kami. Profesionalisme harus dijunjung tinggi demi menumbuhkan tingkat kepercayaan client kepada SMEs Indonesia Consulting.